Sabtu, 15 Maret 2008

Berorganisasi Yuk….

Nggak cuma nambah temen, berorganisasi juga melatih kamu berani tampil di depan umum, dan belajar mengurus diri sendiri serta orang lain. Yang jelas, banyak manfaat yang bisa kamu petik dari berorganisasi, seperti ulasan Gesit kali ini. Sok atuh disimak…

Siapa bilang, cuma para politisi aja yang perlu berorganisasi. Kita para pelajar pun, walau masih duduk dibangku SMA atau SMP, nggak ada salahnya terjun ke dalam organisasi. Yakin dech, nggak bakalan nyesel, meski memang terkadang waktu belajar di sekolah mesti kepotong, lantaran harus ngelaksanain tugas atau urusan yang berkaitan dengan organisasi yang kita ikuti itu.
Organisasi, berasal dari bahasa Yunani, Organon yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip. Yup, organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang yang ingin mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Nah, buat para pelajar, kita bisa aktif di OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Di sini, setiap anggota bisa belajar manajemen sederhana dalam mengatur diri dan kelompok, mengatur keuangan, dan sebagainya. Sekolah juga menyediakan pembina khusus untuk OSIS yang bertugas memberikan arahan dan pembinaan kepada seluruh pengurus OSIS.
OSIS yang emang udah familiar di telinga pelajar sekolah, banyak digandrungi oleh siswa. Terlepas dari tugas yang diemban oleh anggota OSIS sendiri, tak perlu diragukan kalo OSIS punya tempat tersendiri di hati para siswa. Soalnya, selain cukup dikenal sama temen-temen yang lain, menjadi anggota OSIS termasuk menjadi orang-orang yang terpilih dari hampir seluruh siswa yang mengikuti rekrutmen OSIS.
By the way, di sekolah kamu tentunya nggak hanya ada OSIS aja khan? Masih banyak organisasi atau wadah lainnya, seperti ekstra kurikuler (ekskul) yang dapat menampung aktivitas dan bakat kamu sesuai bidang yang kamu sukai. Contohnya, pasukan pengibar bendera atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Paskibra. Dari namanya aja kita udah tau kalo organisasi ini merupakan tempat buat kamu-kamu yang tetarik sama urusan kibar-mengibar bendera.
Truzz, ada juga ekskul Pramuka, yang udah kita kenal dari bangku SD. Ada lagi Rohis, tempat buat kamu yang ingin memperdalam soal agama. Selain itu, masih banyak lagi organisasi berupa ekskul yang lainnya kayak PKS (Patroli Keamanan Sekolah), PMR (Palang Merah Remaja), seni, olahraga dan lain sebagainya. Di sekolah, kamu tinggal pilah-pilih mana ekskul yang sesuai dengan bakat ‘n minat kamu.
“Berorganisasi emang enak, contohnya saya bisa mengenal dan dikenal sama siswa-siswa yang lain, sama guru juga. Tapi yang nggak enaknya, selain banyak pelajaran yang tertinggal, juga banyak menyita tenaga,” kata M Nurrudin, Ketua OSIS SMAN 16 Palembang periode 2006/2007 ketika ditanya suka dukanya menjadi Ketua OSIS.
Berorganisasi di sekolah bukan hanya sekedar ajang coba-coba. Apalagi kalau cuma ikut-ikutan. Soalnya di dalam organisasi kita dituntut untuk menjalankan program kerja yang telah ditetapkan untuk ngemajuin organisasi tersebut. Organisasi sendiri bisa menjadi sarana nonformal yang bisa ngelatih kedisiplinan dan rasa kebersamaan kamu. Karena di dalam organisasi sendiri, kita dituntut buat bisa kerja dalam tim, patuh terhadap aturan organisasi, dan bertanggung jawab terhadap tugas, apapun organisasi itu. Lebih dari itu, terlibat dalam suatu organisasi bikin kita ngerasa punya peran penting. Dan paling nggak, kamu akan punya akses yang lebih banyak untuk berhubungan dengan orang lain. Karena itu kalau ada di antara kamu menolak ikut berorganisasi dengan alasan buang-buang waktu atau takut pelajaran terbengkalai, tentu sangat disayangkan. Gimana, sekarang kamu nggak ragu lagi kan? Kalau gitu, segeralah menetapkan organisasi mana yang bakal kamu masuki. epan

Tidak ada komentar: