Sabtu, 15 Maret 2008

remaja pake ramalan???

Nginjek awal tahun 2008 yang tinggal hitungan hari lagi nech, kayaknya banyak hal yang bakal ngeramein euforia tahun baru di dunia kawula muda. Salah satunya, melihat sesuatu yang belum terjadi secara lebih awal ato yang biasa di sebut ngeramal.
Nggak tau kenapa, bagi remaja, banyak hal yang mereka dapet dari sebuah ramalan. Mulai dari merasa terpuaskan karena udah ngerasa mengetahui sesuatu lebih awal, ampe ngerasa bisa tau peruntungan hidup mereka.. Tapi apakah sekumpulan kata-kata yang kamu baca itu akurat? Ato malah cuma menjadi sugesti doang?
Ramalan sendiri kayaknya nggak terpisahkan ama yang namanya remaja. Kita bisa liat dari acara-acara remaja, tabloid remaja, bahkan siaran radio remaja yang nyuguhin seputar ramalan. Tapi sebenernya, nggak cuma remaja aja lho yang suka mencermati ramalan, orang dewasa yang udah bapak-bapak ato ibu-ibu pun gak sedikit yang getol ama ramalan.
Jadi jangan heran kalo berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, atau televisi, ngejadiin ramalan sebagai rubrik andalan mereka. Wellbudy, sejarah ramalan bermula sejak zaman prasejarah. Dimana orang Cina udah menggunakan kaedah ramalan sejak 5000 tahun lalu. And ramal-meramal kemudian dipelajari ama orang Roma, India, Cina, Arab, Ibrani, Melayu dan Mesir juga. Jenis ramalanpun bermacem-macem, mulai dari ramalan via telapak tangan, ramalan bintang, bola, kristal, tarot, ampe pake yang namanya kartu.
Butzz.. tau gak? Sebenernya cuma ada dua jenis ramalan lho. Pertama, ramalan yang berdasarkan pada analisis-analisis ilmiah or melalui riset. Ramalan semacem ini disebut juga prediksi ilmiah yang notabene aman-aman aja jika kita percaya, soalnya berlandaskan ama data dan fakta yang dianalisis secara rasional. Misalnya ramalan cuaca, ramalan kelahiran bayi, ramalan penyakit, dan sebagainya.
Kedua, ramalan yang berlandaskan pada mistik. Ramalan semacam ini biasa dilakukan oleh para dukun, paranormal, atau ahli nujum. Biasanya mereka meramal hal-hal yang merupakan otoritas Yang Di Atas. Misalnya tentang jodoh, rejeki, kebahagiaan ataupun kesengsaraan. Mekanisme kerjanya, biasanya mereka meminta bantuan jin.
Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa remaja seusia kamu, umumnya suka dengan hal-hal yang sifatnya ramalan, baik itu ramalan bintang, garis tangan, ramalan dengan kartu, komputer, atau lainnya. Itu karena semua orang tau apa yang yang ingin kamu baca dari ramalan itu. Kamu pasti ingin tahu ramalan asmara kamu, keuangan, aktivitas, kesehatan, dan lain-lain.
Dan mungkin hal itu yang menjadi penyebab kamu menjadi pecinta ramalan yang always butuh ama ramalan. Tapi, seberapa percaya remaja ama yang namanya ramalan? Menurut hasil penelitian, ramalan yang sering dibaca ama remaja itu udah hampir jadi kebutuhan pokok buat mereka. Bahkan ada yang menunda waktu belajar atau sampe-sampe rela nggak makan sebelum ngebaca yang namanya ramalan.
Sebagai remaja, jangan sampai kamu terjebak ama karakter yang dibuat ama ramalan, apapun bentuknya. Apalagi memasuki tahun 2008 ini, kamu mestinya udah punya resolusi buat ke depan. Jangan sampai ramalan menjadi rambu-rambu yang ngatur laju hidup kamu.
Orang bijak seringkali berkata, manusia adalah makhluk yang bisa mengubah keadaan pada waktu kapan pun. Bahkan peubahan itu bisa kamu lakukan dalam hitungan detik. Nah, kamu pasti juga bisa menjadi orang yang 'berani bertarung' untuk ngewujudin cita-cita. Malu kan kalau kamu disebut generasi loyo. Kamu juga jangan terlalu terpengaruh, kalau suatu kali ramalan bintang kamu negatif. Memang ada kalanya, ramalan itu memiliki kemiripan dengan kenyataan. Tapi kalau sampai terlalu percaya, justru akan membuat kamu tidak memiliki prinsip hidup. Eps

Tidak ada komentar: